Friday, June 25, 2010

STEREOPHONICS. 10 years of waiting, dreaming, and believing that someday I'm gonna have a chance to meet them and see their gig, LIVE.
And on April 30th 2010, I finally reached my dream.
Met them & saw their gig, LIVE..!
Here's my story...

Road to STEREOPHONICS.
Sebenernya gw udah tw berita soal konser Stereophonics di SG ini dari bulan Februari, dari tweet'nya @ConcertGdASIA. Mulai dari situ gw udah yakin kalo gw harus wajib hadir disana, coz gw udah hopeless bakalan ada promoter yang bawain mereka ke Indonesia. Tapi karena adanya beberapa kendala akhirnya gw mulai pesimis bisa kesana. Alhamdulillah 2 minggu sebelum hari H gw dapet kepastian kalo kendala2 itu bisa diatasin & gw bisa berangkat. Langsunglah gw atur strategi untuk ngejar mimpi gw, dengan persiapan konkrit yang cuma 4 hari (26 - 29 April 2010), ga boong! Mulai dari bikin passport, beli tix konser, tix pesawat, googling soal penginapan disana, sampe minta ijin bokap nyokap gw kebut dalam 4 hari aja!

Passport.
Yang pertama gw lakuin yaitu bikin passport, gw bikinnya di Kantor Imigrasi Jakarta Barat (depan Museum Fatahillah) dengan bantuan bokapnya temennya temen gw (yg emang biasa bikinin paspor), gw bisa dapet bikin paspor kilat cuma 2 hari dengan biaya 2x lipat harga normal. Kalo normal 270rb (bisa 2-3 minggu), nah gw dapet 520rb. Hari pertama di kantor imigrasi berjalan sangat lancar & cepet prosesnya. Gw sampe sana jam 11.30, langsung kasih berkas (KTP, Kartu Keluarga, Akte Lahir, Ijazah), asli & fotokopian. Jam 1.30 gw dipanggil untuk foto, scan sidik jari, interview. Selesai semua jam 3, dan passport gw bisa diambil besok jam 3 sore. that's it!

Tix Konser.

Dari hasil googling beberapa minggu sebelumnya gw dapet info kalo tix event2'nya Sistic di Indonesia dijualnya di Smailing Tours, yg salah satunya ada di fX. Alhamdulillah tix'nya masih ada, gw dapet udah kena harga normal, which is SG$98 + (SG$ 3+3), total SG$104 = Rp.687.000. Here you go, photo of me with my precious tix...


Tix Pesawat.
2 hari sebelum hari H, baru booking tix pesawat dan Alhamdulillah berkat temen gw yang kerja di bagian ticketing salah satu travel di Jakarta gw bisa dapet tix murah, Lion Air PP 785rb. Padahal sehari sebelum gw booking, tix PP masih > 1 jutaan.

Parents Permission & Preparing Myself.

Ini yang kayanya agak berat ya.. Kalo untuk persiapin diri gw mungkin ga seberat minta ijin sama orang tua. Emang siy ini adalah trip pertama gw ke luar Indonesia (ke luar pulau Jawa aja ga pernah), dan sendirian pula (ga ada yang bisa or mw nemenin). Tapi mental gw udah lumayan siap sejak gw interogasi temen gw yang pernah tinggal di sana 6 bulan, dan sendirian juga. Kalo dari cerita dy, S'pore itu kecil, kira2 cuma se'Jakarta Selatan + Jakarta Barat, kalo gw udah biasa menaklukan Jakarta dan sekitarnya pasti gw bisa survive di sana sendirian. Info-info lainnya gw dapet dari mbah gugel (googling, red). Dari hasil googling gw dapet info dari beberapa blog para backpacker Indonesia yang pernah ke sana. Dan ada 1 blogger yang ternyata juga sendirian ke sana & dy keliatannya happy2 aja tuh. Beberapa blog itu gw pikir cukup informative untuk backpacker pemula kaya gw. Mulai dari info penginapan murah, tempat belanja murah, sampe rute di Changi Airport biar ga nyasar. Jadinya gw rangkum aja isi dari artikel or postingan mereka, trus gw print deh untuk jadi tour guide gw. Dan untuk ijin orang tua, gw punya trik biar bisa diijinin, or u can say mereka "terpaksa ngijinin". Believe it or not gw minta ijin mw jalan itu 2 hari sebelum hari H. Pertama persiapkan dulu semua yang diperluin (passport, tix pesawat) jadi kalo dilarang kan berarti mubazir donk udah buang2 duit. Trus beberapa hari sebelum keberangkatan harus jaga sikap, alias jadi anak baik2 di rumah biar ga ada masalah. Kalo bokap atau nyokap lu salah satu ada yang susah dimintaiin ijin, mending bilang ke salah satu dulu biar ntar dibantuin untuk ngomong ke yang satunya lagi. Satu lagi, waktu itu gw ga bener2 jujur siy.. gw ga bilang mw nonton konser, cuma bilang kalo gw mw refreshing sebelum sidang komprehensif apoteker (yang tinggal 2 minggu lagi) ke Fort Canning Park (tapi ga boong juga dong, since itu kan venue konsernya). Reaksi nyokap waktu itu = kaget+ga percaya+amazed sama kenekatan anaknya yang notabene ga pernah pergi sejauh itu SENDIRIAN. Tapi akhirnya setelah beberapa menit rayuan maut gw lancarkan akhirnya diijinin juga. Dan bokap gw di luar dugaan gw juga ngijinin dengan segampang itu, katanya untuk pengalaman gw. Bener-bener dimudahkan sama Allah jalan gw ke Stereophonics kayaknya..

Packing.

Dan inilah daftar barang2 yang gw bawa untuk trip gw kesana:
  • Berkas2 penting (Tix pesawat, tix konser, FC NPWP biar bebas fiskal, Kartu Keluarga), tapi ternyata KK itu ga guna kok coz itu dipake untuk 1 keluarga dimana kalo salah satunya ga punya NPWP, makanya harus nunjukin KK itu biar anggota keluarga yg ga punya NPWP itu bebas fiskal juga.
  • CD Stereophonics (gw bawa yg Keep Calm and Carry On sama Pull The Pin).
  • Alat tulis (pulpen biasa untuk nulis2 form2 penting, sama spidol marker just in case klo ketemu band'nya kan bisa minta di'sign tuh CD gw)
  • Baju & underwear seperlunya aja, kalo backpacking bajunya digulung biar irit tempat & ga kusyut.
  • Perlengkapan mandi (ga perlu bawa handuk coz udah masuk fasilitas hostel itu) sama make up kit (ehem.. cewe gitu loh)
  • Roti, permen, minum (tapi minum disita di bandara, jadi mending ga usah bawa)
  • HP, MP3 player, digicam & charger2-nya. oh iya, harusnya gw bawa konektor colokannya tuh (lupa namanya) tapi gw ga punya jadinya di hostel ga bisa nge'charge deh.
  • Novel "Prime Witness"-nya Steve Martini (kalo bosen nunggu berguna banget)
  • Gembok kecil (berdasarkan info para backpacker) untuk nge'gembok loker yg ada di kamar hostel.
  • Perlengkapan sholat.
  • Uang secukupnya. (SG$ & IDR)
  • Tour guide yg udah gw bikin sendiri.
So, setelah semua siap.. saya pun tertidur. Malam itu gw tidur sekitar jam 12 tapi tanpa ada rasa takut sedikitpun, dikit sih ada deng..
AND THE JOURNEY BEGIN...
Bekasi - Jakarta - Singapore.
April 30th 2010 jam 3.00 am, gw bangun, langsung mandi, siap2 berangkat. Outfit gw hari itu adalah tees yang sengaja gw beli untuk gig'nya Stereophonics di SG, yaitu tees hitam bertuliskan "Greendonesia" dengan lambang Garuda, yg gw beli di Provotoko (sengaja untuk promosi Indonesia di negeri orang), jeans + sneakers converse oldskul broken white bersejarah yg udah gembel. Plus backpack Rusty & sling bag gembel andalan gw. Jam 3.45 am berangkat dianterin bokap menuju bus Damri yg berangkat dari Bekasi jam 4.00 am. Sampe bandara Soetta jam 5, gw langsung ke terminal 1A, ngikutin petunjuk temen gw yg juga orang travel tempat gw beli tiket. Ea.. ternyata temen gw sotoy gila. Orang 1A khusus untuk domestik kok (since gw ga pernah ke airport jadi gw ga tw apa2). Yowis, Keep Calm and Carry On, mengikuti judul album terkahir yang juga judul tour Stereophonics, jangan panik, mengikuti kata petugas gw disuruh naik shuttle bus ke terminal 2E. Nunggu lumayan lama sekitar 5 menit baru dateng. Akhirnya sampe lah gw di terminal 2E. Ngantri check in, bayar airport tax 150rb. Terus antri lagi di loket pajak untuk bebas fiskal. Cuma kasih fotokopian NPWP doank, that's it & gw ga pake bayar 2,5 juta. Bebas fiskal udah beres, langsung ke bagian imigrasi. Paspor gw di'scan & ternyata bukan salah satu teroris tuh.. hehe.. Wokeh, meluncur langsung ke Gate E6, sebelum boarding telfon nyokap dulu kasih kabar, baru deh matiin HP. Sampe dalem pesawat, gw mikir "qo gw ga parno ya??" Mungkin karena terpengaruh sama ke'excited'an (that's not even a word nit!) gw jadi gw lupa sama semua ketakutan itu. Penerbangan gw pagi itu masuk kategori yg menyenangkan buat gw, karena gw tw dalam beberapa jam lagi gw bakal ngeliat gig'nya Stereophonics kayak yg udah gw mimpiin 10 tahun terakhir ini. Temen duduk gw di pesawat adalah mbak2 yg mw jadi TKI disana. Baru pertama kali, jadi ga bisa gw tanya2in soal Singapore. Dari hasil chitchat sedikit, ternyata dia dari Indramayu & pas gw tanya ga takut apa kerja jadi TKI, dy jawab "ya takut dikit, tapi pengen cari kerja". Saluutt... smoga mbak itu (or adek kali ya since dy lebih muda dari gw) bisa survive di sana ga kayak TKI2 yg masuk berita2 itu.

Oh Helllooo Singapore...!

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam 40 menit, akhirnya gw berhasil menginjakkan kaki di Singapore pada jam 9.00 am waktu Singapore (ada perbedaan 1 jam sama Jakarta). Dengan ke'sotoy'an & ke'PD'an gw hari itu gw jalan aja dengan nyantai ga pake tampang bego. Kan gw udah punya tour guide tuh di tangan. Begitu mendarat di Changi Airport langsung cari how to transfer from terminal 1 to terminal 2. Ga perlu tanya-tanya deh kayaknya soalnya di sana banyak petunjuk2 yang sangat informative, jadi ga bakalan nyasar juga kayaknya walo baru pertama kali menginjakkan kaki di Changi. Lagipula di sana juga banyak disediain booklet2 & map2 (termasuk map Changi & map Singapore), nah jangan lupa ambil beberapa booklet & map yang kira2 nanti dibutuhkan. Transfer ke terminal 2 pake skytrain, kendaraan transfer kayak monorail tanpa supir yang dateng tiap 3 menit. Sampe di terminal 2, langsung menuju downstair, terus turun satu lantai, ketemu deh bagian imigrasi. Di sini passport qt bakal di'scan lagi & sekalian nyerahin form disembarkation and embarkation card bercetak tinta merah yang udah dibagiin waktu qt masih di pesawat tadi & harus diisi dengan jelas termasuk di mana qt akan menginap. Gw waktu itu langsung aja ngisi ABC Hostel Bugis untuk tempat menginap, dan ga ditanya macem2 tuh disana. Cuma ditanya apakah gw pelajar dari Singapore, dan gw jawab bukan. That's it. Begitu keluar dari terminal 2, tanya arah menuju MRT ke tourist information center. Terus turun dengan ekskalator dan tetep ikutin petunjuk menuju MRT. Begitu sampe di hall yang besar, di sana ada dua sisi, sebelah kiri untuk pake uang pas (single trip), dan sebelah kanan pake kartu gitu, gw pilih yang pake kartu (ezlink) karena emang praktis & guna banget dengan harga SG$5 untuk deposit, dan diisi yang SG$10.

Menuju Penginapan

ABC Backpackers Hostel, tempat gw nginep lokasinya ada di jalan Kubor, Bugis, jadi gw naik MRT turunnya di Bugis. Dari MRT Bugis, keluar menuju gate B soalnya dari sini ga pake nyebrang, dan langsung meluncur ke jalan kubor. Lokasinya enak menurut gw, cuma 5 menit jalan kaki dari MRT & deket kemana2 termasuk ke Fort Canning Park. Apalagi untuk yang muslim, karena di sini gampang untuk cari makanan halal & cuma 3 menit aja jalan kaki ke Malabar Mosque. Selain ABC, masih banyak lagi hostel2 lain yang bertebaran di Singapore yang pastinya jadi inceran para backpacker. Kenapa?? karena Murah, kalo dibandingin Hotel (ga pake S). Kisaran rate untuk dormitory room di hostel (sekamar ber'4 sampe ber'8) antara SG$ 15 - 24. Kalo untuk private room antara SG$ 50 - 80. Silahkan bandingkan sendiri dengan harga kamar hotel per malamnya. Since gw minim budget, so gw ambil yang dormitory room yang ber'4 sekamar. Kamar'nya kecil, tapi pewe, ada 2 tempat tidur tingkat & loker tanpa kunci, nah itu dy gunanya bawa gembok kecil, untuk ng'gembok loker tempat qt nyimpen barang. Walopun hostel itu murah, kamar mandi di luar & kamarnya sistem dormitory, tapi soal kebersihan ga perlu ditanya. Bersih banget & homey deh. Plus ada fasilitas internet & wi-fi 24 jam pula.
Barang2 udah ditaro di loker, tinggal gw'nya yang beres2 muka untuk ketemu Stereophonics. Abis itu meluncuuurrr deh ke Fort Canning Park.

Fort Canning Park.

Dari hostel ke Fort Canning Park kira2 cuma 20-25 menitan. Dari stasiun Bugis turun di stasiun Dhoby Ghaut dan jalan aja terus ke Fort Canning Park. Karena agak bingung jadi gw tanya aja sama orang sana yang ternyata ramah kok. Sampe venue sekitar jam 12an. I know, gw kecepetan tapi gapapalah.. Daripada gw nyasar mending gw tunggu aja dis ana biar bisa dapet front row juga kan.. Niat hati cuma ngincer front row, tapi yang gw dapetin lebih dari itu, malah lebih daripada yang pernah gw mimpiin selama 10 tahun ini. Pas sampe Fort Canning Green (venue tepatnya), ternyata crew2 LAMC Production lagi setting stage tanpa ada pengawasan yang ketat kayak biasanya di Jakarta. Yaudah gw langsung nyelonong & minta ijin sama crew apa gw boleh stay di sana, kata mereka gapapa, why not! Dan yang lebih girang lagi gw boleh nungguin Stereophonics pas mereka sound check!! How bout that huh! Karena sound check'nya bakalan mulai sekitar jam 4, jadi gw nunggu di luar venue di salah satu park bench di Fort Canning Park. Suasana'nya enak kok, adem jadi gw ga bete tuh nungguin dari jam 12 sampe jam 4 sendirian di sana. Selama ada music di kuping gw, ada sesuatu yang bisa dibaca & yang paling penting adalah the fact bahwa gw bakal ketemu Stereophonics, my 10 years dream, bukan cuma nonton gig'nya aja, tapi gw punya kesempatan untuk ketemu langsung, up close and personal beberapa jam lagi. So nah.. I didn't get bored at all.

I spotted Wales flag!

Stereophonics, finally.
It's 4 pm already. Gw mulai harap2 cemas, & mulailah kedengeran intro Live n Love dari venue. OMG they're already here...!! Gw langsung meluncur, tapi gate'nya udah ditutup barikade & kanan kirinya dihalangin batu yang tingginya cuma 50 cm, so gw lewatin aja. Dan ternyata emang bener2 Kelly, Richard, Jav, & Adam yang lagi sound check. Di depan stage ada 6 orang yang ternyata mereka adalah winner dari Meet 'n Greet dari AXN Asia, yang gw ikutin juga tapi ga menang. Anyway.. karena ga enak kalo gw ga pake ijin ke penyelenggara, langsung aja dengan pede'nya gw samperin crew LAMC dan minta ijin untuk ketemu Kelly dkk kalo mereka udah selesai sound check. Awalnya gw ga diijinin, tapi gw bilang kalo gw baru sampe dari Indonesia & gw langsung kesana demi Stereophonics doank, and ofcourse gw tunjukin juga dong tiket gw. Crew'nya ngeliat gw kayak kaget bercampur ga tega akhirnya gw diijinin deh. Ya udah gw gabung aja sama winner MnG itu. Meet n Greeter'nya Singaporean semua, tapi mereka ramah2. Malah kalo gw ga diijinin ketemu sama band'nya mereka yang nawarin diri kalo gw mw titipin CD untuk ditandatanganin Awalnya gw pikir MnG session'nya udah selesai, ternyata baru mw dimulai abis sound check ini dan gw bener2 boleh gabung sama winner2 MnG itu.
Live n Love - I Got Your Number - Maybe Tomorrow, 3 lagu yang dibawain pas sound check. Abis itu mereka langsung turun dan nyamperin gw...!! (ehem.. maksudnya nyamperin para pemenang MnG + gw the intruder). Gw adalah orang ketiga yang disalamin Kelly. Pas dy bilang "hey,how are you" gw langsung jawab "I came all the way from Indonesia". Dan dy kaget.. Langsung aja gw sabotase Kelly, gw bilang kalo gw bener2 suka sama band'nya dari 10 tahun yang lalu, dari gw masih SMP sampe sekarang ga pernah berubah. Trus dy nanya gw tw Stereophonics dari mana, dan gw jawab dari MTV. Emang bener waktu itu pertama kali gw liat video clip Hury Up and Wait di MTV langsung suka sampe sekarang. Kelly ngeliat gw pegang CD Keep Calm (Pull the Pin'nya gw tinggal di hostel), ticket & spidol. Trus dy langsung nanya apa gw mw dy untuk tanda-tanganin & dy tanya dimana dy boleh tandatanganin. I said, "ofcourse, wherever you want". Abis itu gw minta foto bareng & dengan kekuatan apa itu gw ga tw tiba2 gw langsung bilang "can I hug you?" He said, "ofcourse, come here". AAAwww... I'm bout to die!!
Ga boleh serakah untuk nguasain Kelly, akhirnya gw beralih ke Adam, si gitaris yang paling terakhir gabung sama Stereophonics. He's sooo sweet, itu kesan pertama gw ke Adam sebelum akhirnya gw liat live performance'nya yang ternyata PERFECTO! Minta tanda tangan Adam, foto bareng, give him a hug (ga boleh ketinggalan!), abis itu langsung beralih ke Richard. Rich ini satu2nya yang paling keringetan hari itu. Sampe ketemu gw pun keringetnya masih deres netes2! Rich, kayak member yang lain, sama ramahnya. Dan dy satu2nya yang bilang ke gw kalo dy sebenernya pengen banget maen ke Jakarta. Yang paling berkesan pas foto bareng Rich itu, Rich sendiri yang megang kamera gw jadinya close up banget. Nice om Richie..! Dan yang terakhir, yang selalu gw pandang sebelah mata karena buat gw drummer Stereophonics itu ya Stuart Cable (yang tanggal 7 Juni kemaren has passed away) bukan yang lain, walopun gw sadar banget kalo si Javier Weyler itu ganteng. Tapi begitu ketemu langsung sama Jav pandangan gw langsung berubah 180o. OMG he was soooo sweeet and absolutely HOT! Pas gw ke Javi, dy yang lagi dikerubutin gitu sama yang lain & lagi ngebagiin drum stick'nya. Terus dy ngasih ke gw juga. Dy langsung ngelawak kayak lagi jualan drumstick "25 cents..25 cents only for today". Heemm lucu juga si ganteng ini, pikir gw. Pas salaman sm dy gw bilang kalo gw dari Jakarta, dan dy bilang kalo dy punya temen di Jakarta. And I was like "ooohh.." Dammit gw ga bisa bilang apa2. Gw terlalu tersepona ngeliat Javi yang baik banget itu. Tapi untungnya gw masih sanggup untuk bilang "can I hug you?" and he said "sure, why not.. come here". And he hug me soooo tight kayak ketemu sodara yang udah lama ga ketemu.
Selain bisa ketemu mereka gw juga dapet drum stick'nya Javi & guitar pick'nya Adam (ga langsung dari Adam, coz gw ga tw waktu dy bagi2 tapi ada salah satu meet n greeter yang baik hati mw berbagi sama gw). Kelly, Rich, Jav, & Adam semua pada bilang thank you, malah Kelly sampe bilang thank you very much (in Welsh accent) berkali2, gw bales dengan bilang "No, Thank you sooo much".
Walopun cuma 15 menit, tapi berasa kaya 15 taun (agak lebay yah..). 15 menit yang paling berharga dalam hidup gw. Ga pernah kebayang sebelumnya kalo gw bisa sedeket itu sama Stereophonics, my forever number 1 band. Alhamdulillah ya Allah.
*Kronologisnya bisa dilihat di oleh2 gw dari sound check session & meet n greet berikut: (oh btw gw lupa ambil foto waktu Rich & Jav nge'sign CD gw)




Sound Check Session


Me At The Sound Check Session



They Sign My CD and Tix


Me With The Band


Me With The Meet n Greeter Fellow


These Are The Stuffs I Got!
The Gig!
Abis MnG session selesai, semua bubar & crew mulai sibuk ngatur queue buat nanti. Jadi gw keluar dulu balik ke park bench gw tadi sambil ngecek queue'nya udah dibuka apa belum. Akhirnya gw nemuin 2 orang yang kayaknya udah siap2 ngantri walopun queue'nya belum dibuka. Lucunya ternyata 2 orang itu orang Indonesia yang langsung nebak gw orang Indonesia juga karena gw pake tees Greendonesia. Berasa kayak ketemu temen aja. Ternyata mereka udah lama tinggal di sana (dari tahun 1996 & 2000). Yang cewe namanya Owen, kerja di advertising & yang cowo namanya Elliot, fotografer. Owen ini pake official tees Stereophonics yang dy beli pas mereka dateng ke Singapore 2008 (ngiriii..), dy ternyata salah satu hardcore fans juga. Enak aja ngobrolin musik2 sama mereka, ngomongin gigs, ngebandingin gigs di S'pore & di Jakarta pokoknya sampe ga berasa gate udah dibuka & nunggu detik2 kedatengan Stereophonics.
8 pm already. Gw udah stand by di posisi gw, which is bener2 di depan mike'nya Kelly Jones persis! Gig malam itu dibuka sama DJ yang kurang bermutu yang awalnya nge'mix music ajep2 terus dilanjut sama music2 band2 British yang di'cut n mix asal2an. Sampe akhirnya jam 9 pun tiba & Stereophonics pun menampakkan dirinya...
Malam itu langsung digeber sama Live n Love sebagai lagu pembuka. Kelly yang malam itu berkemeja hitam (gorgeous!), Adam dengan Tshirt hitam + Jas hitam, Richard yang nyantai sama tees'nya, & of course si ganteng Javier yang pake tees hitam (yang ditengah2 set lepas baju jadi topless... sooo hot!!). Ga pake lama2, cuma bilang "this is a song from the album Word Gets Around, this is called 1000 trees". Whoooa..! one of my fave!! Crowd (5000an orang) juga kayaknya langsung up adrenaline'nya begitu lagu2 lama digeber. Kelly yang masih dengan Cherry Red Gibson'nya belom keliatan cape & suaranya tetep stabil, or you can say GA ADA CACATNYA (even sampe lagu terakhir) lanjut aja ke lagu ke-3 yang masih dari album pertamanya "More Life In A Tramps Vest". Kelly ga terlalu banyak omong di lagu2 awal. Pas ditengah2 mulai menyapa & ngucapin terima kasih karena udah ngundang mereka lagi ke SG (yang bikin gw gondok, ke Jakarta aja belom pernah eh ke SG udah 2x). Kelly nyanyi terus & gw pun nyanyi terus, kecuali pas Doorman & Devil gw diem, ga hapal soalnya ga suka album LSVO jadi males aja. Yang gw salut, waktu gw bilang suara Kelly ga ada cacatnya emang bener2 ga ada cacatnya. Dy jarang minum pas di atas stage tapi suaranya ga berubah. Perfect!
Pas sampe di lagu ke-11, Innocent, Kelly mulai lagi deh penyakit salah lyric'nya. Yang harusnya verse 2 malah dy nyanyiin di verse 1. Otomatis gw ketawa dong & Kelly langsung nengok ke Adam dengan muka bersalah. Tapi yang lebih menghebohkan dunia perkonseran, esp. konser yang pernah gw datengin yaitu pas mulai masuk lagu paling bersejarah mereka, "Local Boy In Photograph". Sebelum masuk lagu, Kelly berpidato sebentar, sambil nyapa crowd yang notabene emang terdiri dari berbagai nationality. Pas dy bilang bakal bawain Local Boy, langsung deh crowd lebih gila dari sebelumnya. Pas masuk menit pertama (masuk chorus aja belom) eeh.. ada insiden yang bener2 bakal jadi sejarah. Salah satu penonton ada yang ngelempar flipflop dan tepat ngenain mulut Kelly di tengah2 dy nyanyi. Check out this video:


Begitu Kelly turun, temen2nya nyusul. Lighting langsung mati & semua mata memandang si Moron the flipflop thrower yang ternyata lagi mabok. Ya iyalah pada mabok, orang sponsor'nya beer & di venue ada booth yang ngejual beer. Since disana muslim'nya ga sebanyak di Indonesia, jadi pada nyantai aja tuh pada minum2 & mabok2 sambil siram2an beer (yikes!). Okeh back to the flip flop thrower, security yang berdiri di depan gw langsung teriak ke orang itu (yang gw ga bisa liat mukanya) nyuruh untuk keluar dari crowd. Kayaknya sih tuh orang langsung di'escort police deh coz dy bisa dibilang pembuat onar dong.. OK, si flipflop thrower emang udah bikin 5000an orang kesel, tapi sapa yang paling kesel malam itu? ya jelas Kelly Jones lah. So dengan kompaknya qt semua pada teriakin nama kelly "Kelly... Kelly..!!!" sampe serak suara gw. Ga lama crew'nya (mungkin manager'nya) naik & said "you can laugh, you can have fun but throwing things like that is not funny guys" yah.. kira2 begitulah kata2nya. Dan qt bikin kesepakatan untuk tetep jaga behaviour qt untuk saling menghormati. Dan jalan lagi deh set'nya tapi sayangnya Local Boy ga dilanjut malam itu & gw keilangan "She's Alright" yang harusnya dibawain abis encore. Abis Bartender & the Thief langsung dilanjut sama lagu pamungkas malam itu "Dakota". Yak, selesai sudah pemirsa.. Crew mulai nge'lempar2in drum stick, pick, setlist tapi ga ada yang gw dapet sama sekali. Elliot dapet stick & Singaporean girl yang di sebelah gw dapet setlist yang ditempel di deket Kelly, langsung aja gw minta untuk foto setlist'nya.
24 set yang dibawain (harusnya 25) malam itu bener2 perfecto. Richard, goood... Adam, super good..! Javi, di luar dugaan dy maen keren banget, jauh di atas Stuart alm. Dan yang paling penting Kelly Jones yang ga pernah ngecewain gw & selalu beyond awesome!
Dan berikut adalah oleh2 gw lainnya dari gig malam itu, cekidot gan! Oh, and you can spot me here too.




Me & The Crowd

Kelly Jones With His Cherry Red Gibson, EPIC!


Mr. Adam Zindani


Mr. Richard Jones


Topless Javier Weyler, That's What I Call HOT!


Stereophonics, April 30th 2010


The Setlist

Kalo boleh gw kasih point untuk gig Stereophonics malam itu, mungkin untuk Stereophonics'nya gw kasih 10 out of 10 ya. Untuk crowd, tadinya mw gw kasih 9, tapi karena banyak yang mabok ya gw kasih 8 aja deh. Untuk lighting, bisa gw bilang JUARA! event2'nya Java Musikindo & Java Fest kalo menurut gw siy masih kalah ya untuk lighting'nya. Sound masih kalah OK sama Java Rocking Land, yang bikin ngurangin nilai soal sound untuk malam itu soal penempatan sound system'nya yang dijejerin di depan stage, jadi ada beberapa audience yang penglihatannya terganggu gara2 kehalang sound system itu. Stage masih kalah sama Indonesia, apalagi dengan absen'nya big screen di kanan kiri stage & ga ada back drop bikin stage'nya keliatan biasa, tapi enaknya stage disana ga setinggi stage di Indonesia, barikadenya juga ga setinggi sini, jadi lebih enak aja nontonnya berasa ga jauh2 amat. Satu yang gw ga nyangka banget, kalo di Indonesia kan crowdnya suka dapet minum tuh di tengah2 set (Aqua gelas minimal, malah di JRL dapet yang botol). Masa gw disana dikasih aer pake gelas plastik yang dikobok langsung dari ember.. hyaaah... ilfil lah gw biar kata tembolok gw kering saking gw kebanyakan singing & screaming. Untuk soal itu mah Indonesia JUARA banget daah..!
Kalo ada yang gw sesalin malam itu, gw nyesel banget ga beli official tees'nya Stereophonics. Abis pikiran gw mahal banget (SG$ 40), mending gw pake buat oleh2in keluarga & temen2 gw dah. Tapi kan kalo gw beli online bakal lebih mahal lagi karena pake shipping cost. well, yasudahlah ya ga usah disesalin.. orang gw'nya juga udah balik ke tanah air.. *hallah!

Saatnya tiba untuk gw ninggalin venue, berpisah sama temen2 baru di persimpangan stasiun MRT. Pulang sendirian malam itu jam 11an malam, ternyata di MRT masih rame sama orang2 yang pada pulang kerja kayaknya. Sampe hostel rame banget pada online di luar kamar. Gw langsung mandi, ga betah abis disiram beer. Terus langsung siap2 online. Eh,, satu2nya compie yang tersisa mouse'nya rusak, jadi ga bisa ng'tweet deh. Baru jam 12, gw belom ngantuk tapi tetep gw masuk kamar. Room mate gw yang orang Indiahe itu nginep di tempat lain kayaknya, coz tempat tidurnya kosong tapi barang2nya masih ada. Paksain tidur cepet, coz besok gw harus bangun pagi, mungkin ke Mustafa Center or ke Bugis Street untuk beliin oleh2 buat orang rumah & temen2.
Hari itu gw cuma makan roti, tapi ga berasa laper & dengan ditemenin lagu2 Stereophonics gw sukses tidur cepet sambil senyum2 sendiri.
Hari ini bener2 kayak mimpi, kayak boongan. What a day, what a nite...
Alhamdulillah ya Allah.

*Special thanks to my big sista & my wonderful parents for making all of these come true



Next
Newer Post
Previous
This is the last post.

0 comments:

Post a Comment