Tuesday, December 14, 2010


04 Dec 2010. 6 pm.
Guinness Arthur's Day, at Oval Plaza at Epicentrum Walk, Kuningan Jakarta.
Datang agak telat, karna gw harus nemenin kakak gw sidang di kampusnya sampe jam 5 sore. Dan kesan pertama gw begitu gw sampe venue: Anjiiirr..! Keren abis venuenya, after all this time om Adrie selalu make Tendoor or istora untuk jadi venue sementara di bagian lain dari Jakarta ada venue yang jauh lebih OK which is Epiwalk ini.

  
 Thanks to Guinness, untuk gig band sekaliber Lifehouse cuma 150K

Udah ketebak pasti depan stage udah rame banget, karna emang gate dibuka jam 5 dan banyak yang udah nunggu dari jam 1 siang demi dapet front row. Ah, gw pikir pasrah lah gw dapet dimana aja yang penting pewe. Tapi sebelum gw ambil lapak, gw ke toilet dulu masang softlens biar penglihatan gw clear, soalnya belom sempet make sebelumnya, abis itu sempet2nya ke cold bar dulu untuk beli minum (Not Beer definitely, tapi mineral water yang 330 ml, seharga 11 ribu perak, DAMN!). Begitu gw masuk ke arah kanan stage (atau kiri kalo dari crowd), gw liat loh kok ada yang lowong. Itu front row tapi ga ada orangnya. Sikatlah itu front row berempat sama pacar, kakak & Amie temen gw. Walopun pinggir banget (tapi seiring berjalannya waktu lama2 gw masuk masuk ke tengah sampe depan pas Ben) tapi enak kok posisi gw. Kecuali sebelah gw lah ya, ga asik orang2nya. Sok-sok'an minum2, tapi langsung keringet dingin sampe mukanya ada indikasi mw jackpot + BAU BADAN pula! Ah sudahlah tinggalkan cerita tentang dia. Fokus ke Gig'nya Lifehouse dkk aja deh..


Sebelum Lifehouse perform, ada beberapa band sebagai opening'nya. Dimulai dari 3 band pemenang Bold Chemistry, kompetisi yang diadain Guinness ID dalam mencari & mengembangkan bakat band-band indie Indonesia. Terus masuklah Pure Saturday, sedikit tentang Pure Saturday, gw jelas udah tau lama soal band ini, cuma ga pernah denger lagunya & ga pernah liat live performance'nya. Untuk pertama kalinya gw liat di Arthur's Day ini dan ternyata Gokil! Keren parah performancenya.. Ironisnya malah band-band 4L4y tukang cendol yang lebih kondang ya di negri kita ini *sigh*. Turun Pure Saturday dilanjut sama SID. Band ini secara objective gw nilai mainnya bagus & rapih (bukan bajunya yg gw maksud). Dan keliatan kalo fanbase'nya juga kuat. Gw dulu sempet suka jamannya Kuta Rock City, jadi gw cuma bisa nyanyi pas lagu itu doang. Karena makin kesini udah lost interest aja.


Abis SID, giliran Rivermaya. Band asal filipino, yang untuk pertama kalinya gw liat live. Gw baru tw kalo vocalistnya lumayan ganteng (hayyah.. lagi2 fan girl banget tulisan gw), tapi bukan berarti gw suka. Ga ah, performance terlalu petakilan. Gw ga suka, trus personil yang lain lucunya tampangnya lokal abis (lokal Indonesia punya maksudnya). Ga keliatan anak band lah. Gw udah ga sabar liat pas performance mereka, ga sabar mw cepet2 kelar maksudnya biar gw bisa cepet2 liat Lifehouse. Sekali lagi performance mereka petakilan. Vocalistnya trying too hard to look great, in my opinion. Tapi ada 1 lagu yang gw (dan audience yang lain) tunggu2. Yaitu You'll Be Save Here, lagu jamannya gw masih aktif di Sintesa dan sering gw puter juga. Tapi sayangnya gw ga hapal, cuma beberapa line aja. hahah payah dah..


It's 11 pm. Akhirnya band yang kita tunggu2 sodara2.. Lifehouse...!!
Tapi mereka belom juga naik. Yang ada crew'nya yang sibuk ganti sound (yihaay!), dan kabar burung berhembus kalo orang sound'nya yang ngerjain sound untuk U2 & Van Hallen. Beuh.. pantes sound'nya manstab! Abis itu ada sound check tambahan & persiapan lainnya sampe jam 11.30 pm. Daaaan... here they come.. LIFEHOUSE..!!


Opening, seperti biasa di beberapa gigs terakhir mereka dibuka dengan cover dari Cheap Trick "Hello There" dan disambung dengan "All In". 


Keren?? Gw rasa ga cukup untuk ngegambarin opening mereka malam itu. Untuk outfit Jason as simple as make kutang doang. Hahay.. tapi tetep membius + karena suaranya yang heavenly heaven banget. 

 

Setelah All In, masuk Here Tomorrow Gone Today, and it was AWESOME! and its getting more and more awesome! Spin (one of my fave songs, ah.. hampir semua gw suka lol) dengan aransemen beda, which is akustik di awal dan full band pas verse kedua.  


 
 Jason Wade

Rick Woolstenhulme

 Bryce Soderberg

  
Ben Carey

Nerve Damage and then the mighty "You and Me". Dari lagu pertama sampe sini emang banyak yang sing along bareng, tapi pas "You and Me" berasa banget bedanya. Dan Jason amat sangat AMAZED dan ga nyangka kalo crowd Jakarta bisa sekeren itu. Dia bilang "you sound beautiful out there". It was magic, I knew it, the crowd knew it and of course the band KNEW it too. 


Aaand.. Whatever It Takes, stunning! Beautiful song combined with such a perfect performance!


 

And then Jason left the stage, dan meninggalkan bandnya bertiga aja. So, ini waktunya untuk Wrecking Ball! Yay.. Bryce was effin cool! Tapi gw masih bisa spot Jason dari tempat gw berdiri. Beliau di sisi kiri stage, keliatan kecapean banget but on the other hand look so damn happy. Begitu masuk Chorus akhir, Jason joined the band and finished the song like crazy. Acoustic set is up next, Jason ditinggal sendirian. 

Well, this is the interesting part.. you know what, Jason mentioned me right before he started to sing Simon in the Acoustic Set. Pokoknya dia bilang ini pertama kalinya ke sini, took 10 years to finally get here and bla bla bla.. Dia bilang dia ketemu some fans yesterday, dan ada yang nunjukin an old copy of No Name Face. MY GOOOOOOD!! That's me...! MEEEE...!! Gw teriak-teriak kayak orang gila, I said "Jason, That's me!! that's me...!!" berulang-ulang sampe Jason notice gw. Dan dia bener2 noticed gw, gw lupa persisnya dia ngomong apa tapi dia nunjuk2 gw & membungkukkan diri ke arah gw. I'm about to die...!! He mentioned me on stage!! (Pull yourself together Nit..

Okay, gw siap untuk ngelanjutin cerita ini. Acoustic set dimulai dari Simon, and then Everything, Sick Cycle Carousel & From Where You Are. Ada cerita menarik di sini. See, hampir semua yang hadir ikut nyanyi bareng, begitu From Where You Are (crowd masih sing along), Jason langsung madep ke temen2nya backstage and miming "WOW". Gokil..!! sekali lagi, dia ga percaya Indonesia bisa sekeren ini. Performance keren/Epic/Awesome/stunning dari Lifehouse masih lanjut di Wash, Blind, Falling In (such a sweet song), and Hanging By A Moment

 

 

Yang menarik dari Hanging By A Moment, intro'nya diisi sama Bryce yang maen bass pake alat gesekan biola (whatever that name is, sorry). Aah.. pokoknya keren lah, pas bagian extended tali selempangan bassnya (lagi-lagi gw ga tw istilahnya apa) Bryce copot, pas dibenerin crew'nya Bryce malah cengengesan aja. hahaha.. Sayangnya menurut sumber informasi, ada beberapa audience yang cabut begitu HBAM selesai. C'mon... are u guys that stupid?? Ada gig awesomely epic di sini, bukan berarti begitu # 1 hits mereka dibawain lo langsung pulang dong.. LAME! Yang pulang berati keilangan Take Me Away, First Time, dan Broken yang juga tanpa cacat. 


Encore setelah broken, crowd teriakin "we want more" Sejadi-jadinya. We knew the show wasn't over yet, cuma gw & yang lain pengen menunjukkan keantusian kita sama Lifehouse. Dan masuklah mereka kali ini bareng sama bapak2 Guinness untuk toast to Arthur. Lucu deh kalo di Arthur's Day di luar crowdnya ikutan raise their glass, tapi di Indonesia kita punya cara seru, which is mengganti gelas beer pake botol Guinness mainan yang letoy gitu. Unyuuu.. lol! Ah ya... the show almost over now, sisa Halfway Gone & an epic ending of Everything (album version). 




Wow wow wow... Jason dkk bener-bener nepatin janji mereka kalo mereka bakal maen 90-95 menit set. All I can say is that the gig was totally EPIC! The most awesome gig I ever attended in Jakarta, for the record even better than Stereophonics's performance in Java Rockin' Land (Just being objective here).


Sound'nya Gila..! Lightingnya keren! Performance'nya tanpa cacat, baik dari kualitas vocalnya Jason or dari performance band'nya itu sendiri. Dan mereka (esp. Jason) so sweet..!! Komunikatif banget sama audience. Gw bisa teriak-teriak, nyanyi bareng Jason & ribuan crowd lainnya, bisa dapet moment sama pacar pas "You and Me", bisa jingkrak2an & goyang2 pala. Ah pokoknya dapet semua lah.. Mangstab!
Lifehouse in Jakarta

 The Setlist (sadly it's not mine)

  
Lifehouse Memorabilias 

Maybe I've said this before. Here, on Facebook and my twitter. But I have to say this again, That Lifehouse's performance in Arthur's Day Dec 4 2010 was without a doubt THE BEST GIG I EVER ATTENDED IN JAKARTA.


ps: kalo berminat liat foto-foto Lifehouse lainnya di gig kemarin bisa cek di sini. Enjoy!

0 comments:

Post a Comment