Sunday, September 25, 2011


Jakarta 20 September 2011.
3 Band Besar dalam 1 hari, 1 venue, 1 stage. Yellowcard, Panic! At The Disco, Bad Religion dalam 1 festival "Big Wave Festival 2011". Adalah Big Daddy sang promoter yang berhasil menggelar festival yang tadinya dimaksudkan akan menjadi BESAR. Tapi kenyataan berkata lain.

Big Wave Festival with Yellow Card, Panic! At The Disco & Bad Religion
Kapasitas Stadion Utama Gelora Bung Karno (yang dipotong jadi seperlima-nya) yang 20 ribu itu ternyata cuma sepersekiannya yang terisi. Alhasil GBK jadi keliatan kosong melompong. Penonton tribun atas sampe diturunin ke tribun bawah, VVIP, malahan sampe ke festival. Jelas aja ini ngerugiin banget terutama bagi mereka yang udah bayar mahal untuk tiket VVIP dan festival, karena harga tiket tribun atas itu cuma seperberapanya aja. In the other hand, akan keliatan ridiculous kalo ga dilakukan perpindahan kelas kayak gitu, jadinya penontonnya keliatan mencar-mencar dalam venue yang gwede banget nan kosong itu. Gw sendiri adalah pembeli tiket festival dan agak sakit hati ngeliat perpindahan kelas ini. Masalahnya orang sembarangan aja gitu loncat-loncat pindah kelas tanpa ada penjagaan dari pihak penyelenggara. Jadi gw simpulkan penjagaan keamanan di Big Wave itu NOL BESAR.

Speaking of "festival class", gw bakal cerita soal GBK yang disulap jadi venue konser. Untuk festival, dibangun semacam platform dari papan yang aslinya adalah semacem track lari + selokan dengan kedalaman sekitar 2 meter. Meeeen! rasanya kayak dagdigdugder loh jingkrak-jingkrak di situ.

GBK yang disulap jadi venue konser. "Festival trampoline" nya agak horror

Festival dibuka oleh penampilan dari Yellowcard yang juga adalah performance pertama mereka di Indonesia. Gw pribadi bukan fans tipe musik mereka, tapi ada beberapa lagu yang gw suka kayak Only One dan Gifts & Curses (OST Spiderman 2). Tapi sayangnya cuma Only One doang yang dibawain. Sisanya mereka bawain beberapa lagu sebut aja Way Away, Light & Sound, Light Up The Sky dll. Secara penampilan, so so lah.. Interaksi dengan penonton juga biasa aja. Tapi ini pertama kalinya gw nonton band yang ada pemain biolanya. Jadi bagi gw itu adalah nilai plus dari band ini.


Next performers adalah Panic! At The Disco. Ini dia alasan gw untuk nonton Big Wave. Karena gw udah ngelewatin Pretty Odd Tour di Jakarta tahun 2008 lalu, dan sejak saat itu gw janji sama diri gw sendiri kalo gw GA BOLEH ngelewatin lagi.

Dibuka dengan "Ready To Go (Get Me Out of My Mind)" sukses banget bikin crowd yang mostly abege cewe jingkrak-jingkrak. Brendon Urie dengan outfit casual jas warna krem plus daleman kaos kutung putih yang longgar. Mungkin longgar karna nih orang kelewat kurus, dan mukanya pucet pulak kayak vampire. Tapi tetep gorgeous dong ah. Maap, agak fangirling *blushing*. 


Hits lama dari album A fever sampe yang terbaru Vices & Virtues masuk dalam set dan crowd ga pernah absen untuk nyanyi bareng (well ya ga semua sih pada ikut nyanyi, mengingat ini adalah festival bukan konsernya PATD aja, jadi banyak juga yang BUKAN fans mereka di sini). Cuma sayang lagu yang paling gw tunggu dari album baru "Always" dan "The Calendar" sama OST Jennifer's Body "New Perspective" ga masuk dalam setlist. Dan lagu dari Pretty Odd juga cuma "Nine In The Afternoon" aja. Emang sih belakangan mereka jarang banget bawain Pretty Odd, paling cuma Nine dan "That Green Gentleman". Oke ini bikin gw nyesel lagi deh karna ngelewatin konser mereka 2008 lalu.

Perbedaannya antara 2008 dengan 2011 selain udah ga ada Ryan Ross & Jon Walker, di sini Brendon all out banget! Mungkin karna bawaan dari album V&V yang ada unsur new wave-nya kali ya.


Tapi gw juga pengen banget liat Brendon versi kalem, yang mostly pegang gitar, stay di tengah-tengah stage dengan santainya, dan itu terjadi di tahun 2008. Daaan.. di tahun 2008 mereka bawain 17 set sedangkan di Big Wave kemaren cuma 12 aja (cek setlist 2008 dan 2011). Ah lagi-lagi gw nyeselin lagi kebodohan gw yang bikin gw ga nonton show 2008.

 
Salah satu penyelesalan terbesar dalam hidup gw adalah ngelewatin show P!ATD tahun 2008 di Jakarta

Enough ngomongin show 2008 yang cuma bikin gw nyesel. Balik ke Big Wave. Kurang lebih 60 menit set itu ditutup Brendon, Spencer, Ian & Dallon dengan "Nearly Witches (Ever Since We Met)" yang sangat catchy sekali. Good performance, not great just good (in my humble opinion).

Next, Bad Religion. Yak ini saatnya kaum muda ganti posisi sama yang lebih senior. Gw suka Bad Religion tapi cuma 2 lagu "The New America" dan "I Love My Computer" dan itu juga udah lama banget ga dibawain. Bberdasarkan setlist.fm tuh tahun 2008 terakhir kalinya New America dibawain. Yah mending gw ikut menyingkir aja

Om-om yang walopun udah berumur ini tetep OK banget staminanya untuk ngegeber pecinta punk oldskul. 80 menit set, 25 lagu dibabat abis sama pasukannya Prof. Graffin. Dan perhatian gw tertuju ke Greg Hetson sang gitaris yang malam itu make t-shirt bergambar Bung Karno. Keren keren keren.. Circle pit plus performance Bad Religion bener-bener klimaks banget di Big Wave Festival 2011.

Bad Religion at Big Wave Festival 2011. Courtesy of KapanLagi.com
 Mari kita bahas lagi soal "Kelas Festival". Pas Yellowcard dan crowd jingkrak-jingkrak, cowo gw yang posisinya deket gw ngerasain ptalform turun beberapa centi dan pas sambil nunggu PATD tampil gw ngerasa kalo di bawah platform tempat gw berdiri ada orang yang lagi ngetok-ngetok papan untuk ngebenerin posisi platform yang mulai turun. Lebih parah lagi pas circle pit di Bad Religion, katanya ada yang denger besi penyangganya ada yang lepas sampe bunyi kelontang. Meeen.. ini horor abis. Ga kebayang kalo collapse pegimane coba. Korban dah itu.. Lebih ga kebayang lagi kalo besoknya tuh festival bakal dijingkrak-jingkrakin ribuan fans Linkin Park. Well, kayaknya penonton Big Wave jadi kelinci percobaan nih.

Kekurangannya lagi adalah sound Adamson yang hari-hari sebelumnya udah digembar-gemborin ternyata biasa aja tuh. Mungkin pengaruh posisi gw di festival, yang deket sama sound system. Tapi tetep aja berasa ga enak di kuping baru sebentar udah bikin kuping gw nging-nging. Jumlah crowd yang ga sebanding sama kapasitas venue juga ngaruh banget ke sound yang jadi berasa ber-gema. Dan kayaknya sound engineer juga kurang kompeten. who knows (idung siapaaa..??). Lightingnya juga biasa aja, nothing's special. Big screen di kanan & kiri stage juga kurang muasin. Kecil banget daddy... Masa kalah sama Ponds Teen Concert, jangan tanya lagi deh kalo sama JRL yang segede alaihim.

Yah dari beberapa kekurangan itu gw tetep berterimakasih sama papa besar alias Big Daddy karena udah berhasil mendatangkan PATD yang udah lama gw tunggu-tunggu. Dan bersyukur kalo festival trampoline-nya ga makan korban. Semoga festival ini bisa diadain annually dengan line up yang lebih canggih plus segala kekurangannya diminimalisir lagi.

See ya on Big Wave Festival 2012 (kalo ada. hehe)

0 comments:

Post a Comment