Wednesday, September 28, 2011

Chester & Mike of Linkin Park, Jakarta 2011.
Credit goes to the one who took this pic
21 September 2011, tepat sehari setelah Big Wave Festival 2011 (Baca reviewnya di sini) Linkin Park berhasil ngebuat Stadion Utama GBK bergetar dari festival sampe tribune atas. Konser yang kabarnya ngabisin budget 35 M ini (mungkin sama Big Wave sekalian) berhasil nyedot penonton sampe 20 ribu lebih, mulai dari huge fans, big fans, fans lama (ini kategori gw), music fans, banci konser, orang kaya yang bingung ngabisin duit, sampe orang yang latah cuma pengen eksis sambil liat band terkenal nyampur semua jadi satu.

Sampe di TKP sekitar jam 5 sore dan antrian untuk masuk GBK udah nguler lumayan panjang. Mengutip tweet salah satu pelaku Jakarta Concerts, impresi dari nonton konser band mainstream adalah banyaknya "perawan konser" alias orang yang pertama kali dateng ke konser dengan begitu rempongnya. Yang ga tau kalo makanan dan minuman dari luar itu jelas dilarang tapi tetep aja banyak yang nekat bawa (jadi inget 10 tahun lalu waktu gw masih newbie nonton konser Ash bawa F&B dari A sampe Z, tapi untungnya dulu ga ada larangan untuk ini). Kocaknya ada yang antri bareng gw di sektor 23, masa di bagian barang sitaan ada yang bawa Sprite 1 Liter. Men.. itu mau piknik apa ya? Lagian mangnya enak apa abis loncat-loncat nan tereak-tereak terus minum soda?

Jam 6 tepat, gate masuk GBK dibuka (biasanya promoter lain suka telat lah in malah maju dari yang seharusnya 6.30). Posisi gw yang di tribun atas itu bener-bener bikin gw ngos-ngosan duluan sebelum konser mulai. Gw dapet posisi di baris ketiga, khusus untuk lapak yang dipake sama Big Daddy, tribun atasnya dipasangin pager, biar orang ga sembarangan loncat pindah kelas kali ya. Tapi yang ada malah pandangan gw keganggu, kalo untuk liat performers on stage nantinya sih ga terlalu keganggu, cuma kalo untuk foto tuh jelas banget pagernya, jadi berasa nonton konser dibalik jeruji.
Lihat panah "Lapak Gw"

Fotonya kayak nonton di balik jeruji. Tapi ga terlalu menghalangi pandangan kok
Udah jam 8 tepat tapi nyatanya konsernya ngaret. Belakangan gw baru tau kalo ternyata LP hari itu ke Jakarta pake 2 jet pribadi telat 40 menit sampe di Bandara Halim, makanya konsernya telat. Jam 8 lewat 20 di sisi kiri stage (kalo dari pandangan penonton sisi kanan) which is pas banget di bawah gw, tibalah rombongan LP. Kompak deretan sektor 23 dan sekitarnya heboh screaming. Padahal penonton sisi satu lagi ga tau kalo LP nya udah ada di backstage. Jadi kita nyolong start dong.
Chester at Backstage before the show
8.25 waktu jam tangan gw, inilah saatnya Linkin Park ngebakar Jakarta untuk kedua kalinya. Dibuka dengan Papercut dan The Requiem sebagai intronya.


Pecah gilaaaa!! Itu ribuan orang se-GBK bener-bener "kebakar" sama teriakan Chester. Dari bawah sampe atas ikutan head-banging plus loncat-loncatan. Gw yang berdiri di atas bench sampe ngeri ambruk aja tuh dibuat loncat-loncat gitu. Next adalah Given Up, New Divide, dan Faint (my personal fave after Papercut). Lagi-lagi teriakan ribuan manusia memenuhi GBK sampe suara Chester sendiri hampir kalah.


Empty Spaces, When They Come For Me, No More Sorrow, Jornada del Muerto, Waiting For The End, and then Wisdom, Justice and Love lewat dengan suara Chester yang masih stabil. JSYK, malam itu Chester lagi sakit loh, tapi masih berusaha untuk maksimal. Iridescent pun berkumandang di set ke-12 yang dilanjutkan dengan Numb.


Breaking The Habit di set ke-14 yang diawali sama secuil bagian The Radiance. Di sini berasa banget kalo Chester kurang maksimal di bagian-bagian akhir. Tapi extendednya keren! Linkin Park featuring ribuan crowd.


Agak santai dengan Shadow of The Day dan lanjut Crawling, terus One Step Closer sebelum encore.


Beberapa menit encore (walopun tau encore tapi tetep aja ada choir "WE WANT MORE") LP balik dengan Fall Out, The Catalyst, Black Out, In The End, What I've Done, dan set ditutup dengan Bleed It Out yang diselipin verse 1 & bridge dari A Place For My Head plus bonus aksi drum solo dari Rob Bourdon. Good bye kiss dari Chester menandakan ini emang udah selesai dan ga akan ada pengaruhnya lagi kalopun crowd teriak "WE WANT MORE". Satu persatu personel LP turun dari stage menuju ke backstage dan langsung lari ke mobil hitam yang disediakan masing-masing untuk tiap personel. Dan show pun BERAKHIR.


Ini adalah kali keduanya gw nonton Linkin Park live, setelah yang pertama di Pantai Carnaval Ancol 13 Juni 7 tahun yang lalu dan langsung bisa gw simpulin kalo mereka emang pantes dapet gelar band BESAR dunia. Aksi panggungnya & kualitas setiap personel bener-bener meningkat, dari A+ jadi A+++.

Crowd di GBK diambil oleh Joe Hahn
Apalagi didukung sama sound yang kenceng tapi nyaman di kuping dari Adamson (yang ngagetinnya jauh lebih keren dari yang dipake di Big Wave), lighting yang OK, dan ribuan crowd dengan euphoria-khas-konser-rock-nya yang nambah suasana konser ini bener-bener jadi "Concert of The Year in Indonesia".
CROWD! Credit goes to the one who took this pic
Kalo mau relive konser malam itu, dari pihak LP nya udah memfilmkan konser malam itu secara profesional dan official tour bootlegnya bisa didownload di sini seharga 9.99 USD. Atau lo bisa liat-liat fancam di youtube, banyak tuh youtuber yang upload yang pastinya sangat membantu gw dan yang lainnya untuk memuaskan hasrat Linkin Park post-concert-euphoria dan post-concert-depression.

Puas nonton LP walopun dari ujung berung
Terakhir, gw ucapin tengkyu yang sebesar-besarnya buat semua pihak yang udah berhasil ngebantu gw nonton LP untuk kedua kalinya, terutama buat Papah Besar alias Big Daddy yang berhasil dengan suksesnya ngegelar "A Thousand Suns World Tour" di Indonesia. Last but not least festival-trampoline yang ga collapse setelah dijingkrak-jingkrakin ribuan orang mulai dari Big Wave sampe LP juga patut disyukuri.

Cheers!

0 comments:

Post a Comment