Sunday, June 26, 2011


Tahun 2011 emang tahunnya konser banget. Promoter berlomba-lomba untuk datengin semua musisi dari wishlist para concert-enthusiats, mulai dari musik rock, alternative, pop, sampe K-pop diprovide semua! Dan ga cuma Jakarta doang loh, for the last few years promoter-promoter lain udah ngelirik kota-kota besar lainnya untuk dijadiin tuan rumah, agaknya biar ga terjadi kesenjangan antara Jakarta dan kota lain dalam hal perkonseran. Well, bulan Juli udah di depan mata, dan gw pribadi udah menjadwalkan 3 wiken di bulan Juli gw untuk menghadiri beberapa gigs yang ga mungkin untuk dilewatin.

9 Juli 2011. Ini hari yang bener-bener bikin gw ber-capcipcup untuk milih nonton sapa. Di satu sisi gw pengen banget nonton gig'nya Boyce Avenue di LA Indiefest Festive Sound di Lapangan D Senayan. Tapi gw juga pengen nonton Mayday Parade di eventnya Jakcloth di Plaza Tenggara Senayan (JSYK, gw tadinya berniat untuk membagi diri jadi dua, jadi mungkin gw akan ngejar pake ojeg antara Lapangan D sama Plaza Tenggara). Untuk Boyce Avenue yang bikin gw penasaran banget adalah  setelah ngeliat mereka mengcover salah satu all time fave song gw, which is Freshmen dari The Verve Pipe.


Setelah melalui beberapa pertimbangan dan didukung oleh temuan gw, diantaranya beberapa review negatif dari gigs mereka, pendapat dari bung Hasief (yang merupakan kamus perkonseran bagi gw), dan setlist dari past gigs mereka yang ga ada Freshmen'nya, akhirnya gw putuskan untuk milih nonton Mayday Parade aja di Jakcloth.

Well, mungkin beberapa bulan lalu gw akan nganggap bodo amat sama Mayday Parade. Tapi setelah dibilangin temen gw kalo musiknya bukan musik ABG dan agak nyerempet-nyerempet Dashboard Confessional yang akustikan gitu, jadi gw pikir worth to try lah. Lagipula HTM'nya sangat terjangkau sekali, cuma 60K IDR. Setelah gw digging musik mereka ternyata gw suka & nge'click. Terutama yang nyangkut banget di kepala gw adalah Bruised & Scarred versi akustiknya dari EP terakhir mereka, Valdosta. Enyak enyak enyak..

16 Juli 2011. Nah ini dia yang paling diarepin sama kakak gw, David Archuleta. Thanks to Ponds Teen Concert yang setelah bawain DC tahun lalu dan sekarang bawain DA. clap clap! Tapi untuk konser ini berlaku hukum: "bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian", karena apa? Karena kalo mau dapet frontrow berarti gw musti rela gabung sama 4Lay-4Lay yang berjoget kucek-jemur, coz artis-artis lain sebelum headliner adalah artis-artis langganan Dahsyat, Inbox, de el el. Dan untuk tahun ini "bonus"-nya extra! ditambah Sm*sh cobaaa.... TIDAAAAK...!!! Ya Allah, maafkan aku yang akan menzalimi kuping, tangan, kaki, dan setiap inchi tubuhku karena harus nonton Sm*sh dulu demi liat Archie dari front row.

22-24 Juli 2011. Ini dia festival ter-AKBAR se Asia Tenggara, Java Rockin' Land! Walopun untuk tahun ini headlinersnya cuma seperintil yang gw suka, tapi tetep aja ga boleh gw lewatin. JRL bagi gw adalah santapan wajib tiap tahunnya. Untuk tahun ini JRL masih bertempat di Pantai Carnaval Ancol, dan musisi importnya antara lain: 
  1. The Cranberries. Ok kalo ini gw lumayan suka
  2. 30 Seconds To Mars. Gw ga suka, tapi banyak bener yang suka
  3. Ed Kowalczyk. Vox'nya LIVE yang somehow sepertinya bersolo karier, tapi katanya bakal bawain hits-hits lama dari LIVE
  4. Helloween. Yak! Yang ini untuk memuaskan dahaga pencinta rock lawas
  5. Neon Trees. Apparently they're quite big in Singapore, tapi di Indonesia ademayem aja, tapi setelah gw digging musiknya lumayan, sangat catchy!
  6. and last but not least GOOD CHARLOTTE! Untuk yang ini gw giraaang!! Gw udah suka dari SMP dan udah berkesempatan untuk nonton & ketemu in person tahun 2007 lalu. Untuk sekarang gw suka banget sama album terakhirnya Cardiology, dan dilihat dari setlist tour Cardiology ini mereka banyak bawain lagu dari Young & Hopeless which is album GC ter'fave gw. Dan ini adalah show mereka setelah 2x batal dateng ke Indonesia tahun ini (Alhamdulillahnya batalnya yang di Bali & di Surabaya). Win Win Win Win deh ini namanya!
Doain ya teman-teman semoga ga ada halangan apapun sampe & selama show-show di atas berlangsung. Akan lebih bagus lagi kalo gw bisa ketemu in person sama mereka semua, tar gw posting pengalaman serunya, mudah-mudahan terbitnya ga ngaret. wehehe...

FYI, selain gigs yang udah gw sebutin di atas, masih ada lagi beberapa yang ga masuk ke schedule gw karena emang musik mereka kurang mengena buat gw. Sebut aja ada Silverstein yang bakal maen tanggal 13 Juli di Surabaya, Eyes Set To Kill di Jakcloth 8 Juli dan di Bandung 12 Juli, Incubus di Istora Senayan 26 Juli, dan yang paling jagoan adalah Velvet Production yang ngegelar RockVolution yang berani-beraninya bentrokin sama JRL 23-24 Juli di Lapangan D Senayan dengan lineup The Datsuns, Tonight Alive, Rufio, Destines, Marky Ramones & Kittie. Untuk lebih lengkap lagi join aja langsung ke songkick biar ga ketinggalan info gigs dari musisi fave lo.

Akhir kata gw teriakkan: Hidup Dunia Perkonseran Indonesia!

0 comments:

Post a Comment