Wednesday, June 29, 2011


Bandung, 8 Januari 2011, 10.00 WIB
Arrived in Sabuga, The Venue. Gw, kakak gw & si kembar WinWin, kita langsung nukerin tiket, karena Winda ga ikutan jemput di airport kemaren jadi dia ikutan MnG dengan bayar tix tambahan 150K (gw mah males deh :p). Singkat cerita kita udah sampe di jam 15.00 WIB. Venue udah lumayan rame sama serenaders yang mau ikut MnG. Dan sayup-sayup terdengar John dkk lagi sound check. Sound check'nya lumayan lama, karna waktu itu gw denger lagu Fix You diulang berkali-kali. Selesai sound check sekitar jam 16.00 WIB, langsung dilanjutkan dengan MnG. Ternyata MnG-nya ga sesuai dengan yang diharapkan, lebih tepat kalo dibilang Fan Signing. Kalo lo emang chatty sih lumayan bisa dapet colongan obrol2 dikit. Intinya gw ga nyesel aja ga ikutan.


Jam 16.15 depan gate belom terlalu rame, tapi massa udah lumayan banyak yang ngumpul di sini, jadi mending kita seru-seruan aja dulu berpoto-poto ria :p

 @SHS_Indonesia Jakarta-Bandung regional

Waktu menunjukkan jam 17.00 WIB. Di depan disediakan ada 6 gate, yang otomatis kalo udah jam segini udah dipadati sama calon penonton dengan membentuk 6 line (barisan). Tapi ternyata yang dibuka cuma 4 gate, yang pojok kanan & kiri TIDAK. Mereka yang udah terlanjur bentuk barisan di sana (Untungnya bukan gw & rombongan @SHS_Indonesia) disuruh baris ke belakang *Disappointment #1 detected*.

Sesuai dengan kicauan promotor di twitter, katanya gate buka jam 17.00, tapi ngaret jadi jam 18.00. Padahal jam 6 sore itu jadwalnya lobby yang dibuka. Ngaret oh ngaret *Disappointment #2 detected*

18.00 WIB. Gate depan dibuka, kita langsung masuk lobby & diarahkan ke pintu tengah. Kita udah ngantri & duduk2 santai sambil nunggu pintu dibuka. Eeeh.. ada panitia yang bilang pintu ini ga dibuka, yang dibuka adalah pintu yang di pojok. Otomatis ratusan orang yang udah ngantri langsung lari ke pintu pojok (termasuk gw), pas udah sampe sana katanya itu ga dibuka, yang dibuka pintu yang tengah. Akhirnya kita semua puter balik. Dan kejadian ini berlangsung sebanyak 4 PUTARAN pemirsa. *SUPER-MASSIVE DISAPPOINTMENT DETECTED*

Ga terima dong kita sebagai orang-yang-udah-jauh-jauh-dateng-dan-bayar-pulak diperlakukan begitu. Gw & Winda stay di pintu tengah bareng sama rombongan @SHS_Indonesia, walopun pintu tengah udah sepi karna katanya yang dibuka duluan adalah yang di pojok (buka jam 7) dan yang tengah akan dibuka jam 8. Kita berdua komplain ke pihak promotor atas ketidakprofesionalan mereka (baca = adu urat), akhirnya kita adu argumen. Mereka punya alesan-alesan yang menurut kita ga masuk akal & mereka tetep keukeuh bilang kalo pintu ini tetap ga akan dibuka sebelum jam 8. Gw yang udah merosot mood'nya, ga peduli & tetep stay di depan pintu tengah bareng rombongan @SHS_Indonesia. Kejadian tak terduga datang, 10 menit abis kita adu argumen (dan jam gw pun belom menunjukkan jam 7 malam) pintu tengah dibuka duluan. YES! KITA MENANG & DAPET FRONT ROW..!

20.30 WIB, The Gig
Finally John Vesely, Lukas Vesely, Ryan Cook & Tom Breyfogle, they're ready to ROCK Sabuga! It's Secondhand Serenade peopleeee...!!

Lagu pembuka, upcoming single dari album Hear Me Now, "You and I". Lagu ke2 malam itu adalah "Like A Knife" yang langsung dibawain tanpa banyak basa-basi. Lanjut lagu ke-3, It's actually my personal fav from ATIMS album, it's "Stranger". Lagu ke-4 malam itu adalah "So Long" dari album Hear Me Now yang catchy banget & seperti biasa, hampir seisi Sabuga ikutan Sing Along.





Ini dia waktunya akustikan, It's just John Vesely, his guitar & awesome-sing-along-crowd. 3 lagu dari album Awake: Awake, Vulnerable, & Broken



And the band join John again. It's time for the 8th set of the night, another song from Hear Me Now, "Stay Away". And then they started to play everyone's favorite "Your Call" & "Maybe". The Last song before encore 1, kita punya surprise untuk John and The Band. We spread 100 papers with the words "Thank You Secondhand Serenade" in it and rise them up together. Pas John balik badan ke arah crowd, beliau ini bener-bener surprise ngeliat fans action kita. John bilang "No guys.. WE THANK YOU" Dan langsung ngeluarin iPhone'nya untuk ngerecord kita. Daaan.. ada dugaan kuat dia menitikkan air mata. Well guys, you decide apakah ini air mata haru or cuma keringet yang netes ke mata :p


Dan kita diliput beberapa media juga loh.. salah satunya ada di KapanLagi.com


And it's real guys, abis fans action ini John Vesely lebih sumringah, keliatan dari gesture-gesturenya. Dan lagu "Goodbye" pun berkumandang... Encore kawan-kawan.. Gw tau & yang lain pun tau it's not over yet. Tapi tetep aja kita teriakin "WE WANT MOOORE!!" Eeeen... Secondhand Serenade pun back on stage lagi. Mengguncang dengan hits pertama dari Hear Me Now, yang merupakan salah satu lagu yang diproduserin oleh John & Tom Breyfogle, it's "Something More"

Saatnya untuk John on piano, "Reach For The Sky" & lagu yang sukses membuat Secondhand Serenade kondyang seada-adanya "Fall For You" yang diakhiri dengan pertunjukkan fireworks on stage..

Encore lagi pemirsa.. Kenapa gw tau it's NOT REALLY over yet? Karena Fix You belom dibawain & masih ada 1 set fireworks on stage yang belom nyala :p. Tapi tetep aja kita dengan semangat 45 mengumandangkan "WE WANT MORE" Sampe John dkk masuk lagi dan menggeber dengan cover version dari Coldplay "Fix You"

That's it everyone, confetti & fireworks pun mengakhiri 1 hour of 15 set show malam itu. Dan show ini officially ditutup John with this adorable line "Awewe Bandung geulis" it means "Cewek-cewek Bandung cantik-cantik".Bisa aja lo John..

Conclusion of the night: INI ADALAH GIG PALING GARING yang pernah gw datengin. Maap maap ya, tapi gw berusaha untuk objektif aja di sini. Kalo ga ada adegan 100 papers itu mungkin John akan nyanyi aja terus lurus kayak jalan tol tanpa menggubris fans'nya. NO EYE CONTACT AT ALL. Padahal hari sebelumnya gw udah ketemu dia dan sempet ngobrol2 dikit, dan gw malam itu di depan persis dan dia sama sekali ga notice gw. Gw & semua orang di crowd berasa dicuekin. Dia cuma basa-basi soal senangnya balik ke Indonesia dengan nada datar (bener ya, kedengeran banget  ga tulus, beda lah pokoknya gw bisa bedain musisi mana yang tulus dan mana yang basa basi). John tuh cuma fokus sama gitar dan mike. Kalo urusan suara, yah gw ga kaget lah kalo emang suara John aslinya tuh ga sekuat kalo di album, karena gw udah liat di JRL 2009 tapi gw mengahrapkan kalo tahun ini agaknya dia menaikkan kualitas suaranya gitu, tapi ternyata tidak. Yah walhasil lagu-lagu fave gw dari album Hear Me Now (Only One, Nightmare, Distance) yang notabene bernada tinggi ya ga dimasukin ke setlist. Bisa-bisa pingsan lagi si John abis nyanyi trus show di Surabaya dibatalin. Orang-orang yang kenal gw sampe bilang kalo gw kok biasa banget di situ, ga tereak-tereak heboh kayak biasanya, gw cuma nyanyi aja ngikutin alur, manggil nama John cuma sesekali, tepok tangan cuma seadanya, yah abis untuk show seadanya emang deserve tepokan seadanya pulak. Paling gw lebih suka manggil & senyumin Lukas yang dia bales pake senyum ramah, keliatan banget dia belum lupain kita. Pokoknya dari 2 gigs Secondhand Serenade yang gw datengin, gw udah bisa nyimpulin, kalo mereka ga bagus Live, kalo lagu emang enak banget. Tapi kalopun gw nanti ada kesempatan untuk nonton lagi, ya gw insya Allah pasti akan nonton lagi, walopun standarnya auh di bawah musisi-musisi gw lainnya.

Kalo untuk segi penyelenggaraan, nih si promoter kacrut gw kasih nilai minus 5. Gila apa ya amat sangat tidak profesional. Dan anehnya pas JRL John tuh ga sebete malem itu, dia berkomunikasi kok sama crowd, aura mukanya beda lah pokoknya. Untuk sound = 6/10, but the simple-designed stage, backdrop & the lighting are pretty great. And the awesome one is choir dari 4000 manusia se-Sabuga yang mengiringi John Vesely di setiap lagu yang dibawain (tapi tetep aja choirnya kerenan fans-nya DC dan lifehouse).

Last but not least, gw ngerasa anehnya yang paling membekas dari gig malam itu adalah kebersamaan gw sama anak2 SHS Indonesia. Ada salah satu yang gila sampe loncat ke stage untuk ambilin "peninggalan" John dkk. Kayak berasa rock rats tuh anak pas cewek2 berebutan botol aqua, kaleng bir & handuknya John yang dia lempar. Kalo gw mah cuma minta setlist aja (karena emang gw suka banget ngumpulin setlist, sayang picknya udah diambilin sama crew). Intinya emang paling enak kalo nonton gig bareng sama sesama die hard fans. Seru..!



PS: Untuk Video selengkapnya silakan maen-maen ke Channel si kembar WinWin aja ya. Kalo gw taro semua disini berat cing. wehehe..

0 comments:

Post a Comment