Sunday, June 12, 2011

Hey fellas! Lucu ya tinggal sebulan lagi ke Java Rockin'Land 2011 dan gw baru posting report soal JRL 2010. Boooo...!! Well, its better late than never rite?
So, gw akan ngebuka secara garis besar dulu soal festival ROCK TERBESAR SE-ASIA TENGGARA ini. Festival yang diproduksi oleh Java Festival Production pimpinan om Peter F. Gontha ini (jangan sampe salah lagi ya, moso ada yg kasih wishlist JRL di twitter ke om Adrie, doh!), digelar dengan gegap gempita dari tanggal 8 sampe 10 October 2010 di tahun kedia ini dan masih di venue yg sama yaitu Pantai Carnaval Ancol, Jakarta. Kalo tahun lalu aja udah super duper spesial, apalagi taun ini (paling ga itu yg gw liat di mata gw). Karena apa?? ya karena headliners'nya dong dang ding dooong...! Mereka adalah tak lain tak bukan band #1 gw sepanjang sejarah STEREOPHONICS pemirsa.. Well, untuk lengkapnya tentang euphoria gw yg melewati ambang batas soal kedatangan Stereophonics ini udah gw post di postingan sebelumnya, care to see it? click here. Kalo ga care ya ga usah di'click, gitu aja kok rempong toh ciiyn... Selain Stereophonics, ada band #2 gw which is Dashboard Confessional, trus ada Smashing Pumpkins, Arkarna, Mutemath, Wolfmother, The Vines, Di-Rect and many mooore.
Karena acaranya 3 hari, dan gw termasuk orang yg beruntung untuk nonton 3 hari juga (lebih beruntung lagi karena gw dapet harga dhuafa alias pas early bird pertama, which is cuma 230K IDR saja untuk 3 hari), so ada baiknya kalo kita bagi kedalam 3 bab postingan berikut.

JRL'10 Day 1
8 October 2010. Langit Jakarta dan sekitarnya sangat tidak bersahabat hari itu. Gw berangkat dari Bekasi ditemenin ujan yg menggebu-gebu sampe celana gw basah kuyup (coz apparently payung itu tidak terlalu melindungi saat ujan angin). Untungnya gw bawa sendal jepit, pas ujan tepat banget deh keputusan untuk ganti sepatu pake sendal jepit. Headliner hari itu adalah Data Rock & si botak Billy Corgan bersama Smashing Pumpkins'nya, yg kebetulan ga ada yg gw suka2 amat. Jadi gw dateng untuk menikmati suasana aja. Ga lama sampe venue yg tadinya cuma mendung2 doang, eh akhirnya ujan juga. Dan gw tau kenapa disana ga pake jasa Pawang Ujan or paling ga si Pawang ga bekerja dengan baik, karena apa.. karena disana dibuka stand khusus yg menjual jas ujan, payung, sendal jepit, celana pendek & handuk. Otomatis begitu BRES ujan langsung diserbu pelanggan, termasuk saya. Tapi setelah dipikir-pikir lucu juga nonton konser ujan2an sambil pake jas ujan. Beda aja gitu, dan naluri kenarsisan gw pun timbul untuk foto2 bareng backdrop Stereophonics (sadly, gw ga ketemu mereka ASLI'nya di rumah sendiri).
 Booth Jas Ujan dkk

Pengalaman pertama nonton konser ber-jas ujan ria

Line up malam itu, yang mw gw ceritain disini yaitu si Data Rock dan Smashing Pumpkins. Untuk Data Rock mereka udah heboh pake baju seragaman merah & heboh banget performancenya while crowd malam itu adem ayem aja (sambil diguyur ujan rintik2), jadi kasian aja mereka heboh2 sendiri di stage. Dan highlight malam itu adalah KEKECEWAAN yang jelas2 terpatri di wajah-wajah para fans Smashing Pumpkins. Begini ceritanya: Jadi Mereka itu kan band yang paling ditunggu-tunggu performance malam itu, fans mereka udah ngumpul depan stage dengan ekspektasi yg amat kelewat tinggi. Bah, untung gw ga ngepens, biasa aja sih. Ada satu dua lagu mereka yg gw suka tapi secara general gw ga masuk sama musiknya. OK, dari pertama gw liat lighting'nya OK. mereka bawa 2 kipas dengan lampu segede2 alaihim ditaro di atas stage. Sebelum mereka naik, Andy /rif naik dulu bareng entah sapa gw ga begitu jelas liat dari jauh. Pokoknya Andy dkk itu ngajakin untuk nyanyi Indonesia Raya rame2 sebelum om Bill perform. Kesan gw langsung, Bah! ga seoke dan sekhidmat tahun lalu sebelum Mr.Big perform. Hampir semua makhluk yg hadir tahun lalu nyanyi Indonesia Raya dengan penuh semangat ga kayak kemaren tuh. Oke, abis itu om Bill langsung naek tanpa ngemeng2 sepatah dua patah kata. Trus nyambung aja teru nyanyiiii terus ga pake nyapa. Pas udah berapa lagu baru gw sadar, buset dah ini musisi ga ada nyapa2nya. Si Gerard Way waktu di Jakarta aja termasuk ga komunikatif, tapi msh ada omong2an ga kayak om Bill. Dan sampe lagu terakhir mereka udahan, sebelum mereka turun kayaknya om Bill baru ngemeng tuh. Lupa gw ngemeng apa tapi ga banyak. Crowd langsung ngarep encore, karena emang 1979 aja belum dibawain. Udah lama teriak "We Want More" tetep ga keluar. Yak, emang beneran udah kelar pemirsa. Sangat ANTIKLIMAKS. Usut punya usut, melalui twitternya om Billy, katanya Smashing Pumpkins dikasih jatah soundcheck di Musro malem sebelomnya. Oh Camaaan JRL..! 
 Datarock on Java Rockin'Land 2010 (jarak jauh)

Smashing Pumpkins on Java Rockin'Land 2010 (jarak jauh)

Day 1 is over. Minat lanjut tulisan penting-ga-penting gw? Silakan cek liputan Day 2.
Ciao!

0 comments:

Post a Comment